Beranda > League Indonesia, Liga Indonesia, Sepak Bola > Bonek Support PERSIB

Bonek Support PERSIB

04/10/2010

Faktor kedekatan geografis antara Surabaya dan Sidoarjo tak berarti suporter Persebaya Surabaya ikut mendukung sepak terjang Deltras Sidoarjo. Buktinya tersaji di laga antara Deltras menjamu Persib Bandung di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (2/10/2010).

Ribuan supporter Bonek membonceng supporter Persib The Viking. Kedua suporter ini terkenal rukun dan saling membantu di mana pun berada. Malah, walau yang punya ‘hajat’ sebenarnya adalah Viking, Bonek nekat ikut masuk stadion.

Bukannya mendukung Deltamania, supporter Deltras, yang notabene tetangga sendiri. Tapi ikut menjadi pendukung Persib Bandung dengan bercampur dengan Viking di tribun utara. Jelang masuk stadion pun Bonek menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung.

“Kita ke sini untuk mengawal The Viking yang memberi dukungan untuk timnya. Daripada kita hanya di luar stadion, mendingan ikut masuk bersama Viking,” ujar Suroso, seorang Bonek asal Gunungsari, Surabaya, yang ditemui Seputar Indonesia sebelum masuk stadion.

Soal dukungan untuk Persib, menurutnya alasan solidaritas karena selama ini hubungan keduanya cukup baik. Bahkan Viking yang sebelumnya mendukung Maung Bandung di Lamongan, dikawal sepanjang jalan menuju Gelora Delta.

Viking sendiri merasa terbantu dengan kawalan yang dilakukan Bonek. “Terima kasih kepada Bonek yang memberikan bantuan untuk kita,” ujar Jajang, salah satu Viking. Lucunya, di dalam stadion, kolaborasi Bobek-Viking lebih mendominasi dibanding Deltamania. Kedua kubu saling berolok dengan kata-kata kasar.

Kedatangan Bonek membuat pengamanan di sekitar stadion diperketat. Khususnya di pintu-pintu masuk stadion, aparat keamanan menjaga ketat kerumunan Bonek-Viking yang antri mengular sebelum masuk stadion. “Penjagaan ditambah karena supporter lebih banyak dibanding sebelumnya,” ujar Ketua Panpel Deltras Makin Rahmat.

%d blogger menyukai ini: