Beranda > EURO 2012, League Eroupe, Sepak Bola > Kualifikasi Euro 2012 Pertemukan Jerman-Turki

Kualifikasi Euro 2012 Pertemukan Jerman-Turki

09/10/2010

Jerman dan Turki akan mengulang kembali memori duel semifinal Euro 2008 dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina. Berdasarkan undian yang digelar UEFA di Warsawa, Polandia, Minggu (7/2/2010), kedua semifinalis Euro 2012 berada satu grup (Grup A) dan akan bersaing untuk berebut satu tiket otomatis ke putaran final Piala Eropa 2012.

Pada semifinal Euro 2008 di Basel (Swiss), Turki menyerah dari Jerman. Jerman lolos ke final dan kalah 0-1 dari Spanyol di Vienna (Austria).

Selain dua negara itu, Grup A diisi Austria, Belgia, Kazakhstan, dan Azerbaijan. Grup A, B, C, D, E, dan F masing-masing dihuni enam tim, sementara Grup G, H, dan I hanya lima tim. Juara bertahan Spanyol berada di Grup I. Maka, Spanyol menjalani laga lebih sedikit dibanding tim-tim di lima grup pertama. Tim Matador bersaing dengan Ceko, Skotlandia, Lituania, dan Liechtenstein.

Di Grup C, terkumpul tiga tim peserta Piala Dunia 2010, yakni Italia, Serbia, dan Slovenia. Sementara Inggris yang tidak lolos ke Euro 2008, terhindar dari musuh bebuyutan Kroasia, negeri yang membuat mereka absen di putaran final Euro 2008.

Inggris berada di Grup G bersama Swiss, Bulgaria, Wales, dan Montenegro. Sedang Kroasia di Grup F bersama runner-up Euro 2004 Yunani, Israel, Latvia, Georgia, dan Malta. Putaran final Piala Eropa akan diikuti 16 tim dan digelar di Polandia-Ukraina.

Babak kualifikasi digelar mulai September mendatang hingga Oktober 2011 dengan format laga kandang dan tandang. Sembilan juara grup otomatis lolos ke putaran final, bersama satu tim runner-up yang memiliki catatan terbaik dari hasil pertandingan melawan tim peringkat pertama, ketiga, keempat, dan kelima di masing-masing grup. Empat tiket putaran final lainnya ditentukan lewat play-off, yang diikuti delapan tim runner-up pada November 2011. Ditambah dua tuan rumah Polandia dan Ukraina, total peserta putaran final Piala Eropa 2012 adalah 16 negara.

Gelandang Jerman Mesut Oezil menyebut laga melawan Turki sebagai pertandingan spesial. Meski begitu Oezil menegaskan dirinya tak menghadapi dilema kala harus melawan tanah leluhurnya.

Jerman menjamu Turki dalam laga lanjutan kualifikasi Euro 2012 di Berlin, Sabtu (9/10/2010) dinihari WIB.

Kedua tim saat ini masih berada di posisi 1-2 klasemen sementara Grup A, memiliki poin sama dan hanya dipisahkan selisih gol. Itu berarti kemenangan wajib hukumnya bagi kedua negara dalam laga ini.

Satu yang menjadi sorotan dalam laga ini adalah Mesut Oezil, pemain beradarah Turki yang mengabdikan dirinya untuk Deutschland.

“Ini jelas merupakan laga yang sangat spesial. Saya sangat menantikan pertandinagn menghadapi kawan-kawan saya,” ujar Oezil dilansir dari situs resmi FIFA.

Pemain Real Madrid itu menjadi elemen penting bagi Der Panzer ketika merebut tempat ketiga di Piala Dunia 2010. Magi Oezil diharapkan bisa kembali mengantarkan Jerman meraih kejayaan di Piala Eropa.

“Tujuan kami adalah melakukan satu langkah lebih maju ke putaran final Piala Eropa,” tandas dia.

Oezil tak nervouz atau menghadapi dilema kala harus berhadapan dengan negeri asal leluhurnya. “Saya bangga dengan negara saya. Bagi saya, tidak ada negara lain yang bisa memberikan kebanggaan selain negara saya,” ujar gelandang 21 tahun itu.

Oezil menilai bahwa Turki merupakan lawan yang berat. “Mereka memiliki kemampuan teknis yang bagus dan kuat sebagai tim. (Gelandang) Nuri Sahin merupakan pemain berkelas dan terus berkembang,” ujar dia.

“Selain itu mereka juga punya pelatih yang sangat bagus, Guus Hiddink,” pungkas pemain yang berseragam Jerman sejak tahun 2009 itu.

%d blogger menyukai ini: