Beranda > League Italia, Sepak Bola > Gol Eto’o Bungkam Nyanyian Rasis

Gol Eto’o Bungkam Nyanyian Rasis

18/10/2010

Satu gol yang dicetak penyerang Inter Milan, Samuel Eto’o, membuatnya sebagai pahlawan kemenangan timnya 1-0 atas Cagliari dalam lanjutan Serie-A, Minggu (17/10/2010). Gol itu juga sekaligus membungkam nyanyain rasis dari pendukung tuan rumah yang sempat ditujukan kepadanya.

Untuk kesekian kalinya Eto’o diejek berdasarkan ras. Tindakan para pendukung Cagliari jelas memprihatinkan dan kemungkinan akan diganjar sanksi oleh federasi sepak bola Italia (FIGC). Mereka berusaha menjatuhkan mental Eto’o dengan cara yang tak terpuji.

Sebelum kick-off, para penonton sudah mulai mengintimidasi Eto’o dengan nyanyi-nyanyian rasis. Hujatan-hujatan tersebut seperti menjadi pengiring aksi Eto’o di lapangan. Namun, tindakan tidak spotif itu tidak hanya ditujukan kepada mantan penyerang Barcelona itu. “Semprotan” kata-kata kasar juga dialamatkan kepada Douglas Maicon dan Biabiany.

Merespons kondisi ini, wasit Paolo Tagliavento langsung menghentikan pertandingan pada menit ketiga. Lewat pengeras suara, Tagliavento mengancam akan menghentikan pertandingan bila penonton masih bersikap rasis. Eto’o sempat terlihat bingung kala mendengar pernyataan wasit itu.

Setelah ancaman wasit tersebut, permainan dilanjutkan dan bertambah panas. Eto’o pun semakin tampil ngotot. Bahkan, dia bisa membungkam segala hujatan itu dengan sebuah gol yang dicetaknya pada menit ke-39. Berawal dari umpan Wesley Sneijder, Eto’o langsung melepaskan tembakan keras jauh dari luar kotak penalti. Saking kerasnya, kiper Michael Agazzi tak mampu menahan laju bola.

Gol itu menjadi gol yang keenam pada musim ini. Selain itu, kemenangan ini membuat “La Beneamta” bercokol di peringkat kedua dengan 15 poin atau hanya kalah produktivitas dari AC Milan di puncak klasemen.

%d blogger menyukai ini: