Beranda > League Indonesia, Liga Indonesia, Sepak Bola > Sriwijaya FC Sikat PSM Makasar

Sriwijaya FC Sikat PSM Makasar

18/10/2010

Sriwijaya FC meraih kemenangan tipis 2-1 atas PSM Makassar pada laga putaran pertama Liga Super Indonesia (LS) 2010-2011 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (17/10) sore.

Dua gol “Laskar Wong Kito”, julukan SFC, diciptakan Ponaryo Astaman melalui penalti pada menit 19 dan Park Jung Hwan pada menit 29. Sementara gol balasan PSM dilesakkan Andi Oddang pada menit 73.

Sejak menit-menit awal Sriwijaya Football Club (SFC) selaku tuan rumah mendominasi permainan. Pada menitke-10, misalnya, penyerang SFC Park Jung Hwan telah mampu mengejutkan lini pertahanan PSM dengan melepaskan tendangan keras terukur ke gawang. Namun, masih dapat ditepis penjaga gawang Dedeh Marcel.

Dua menit kemudian, Park kembali menyusuri lini pertahanan “Juku Eja”, julukan PSM Makassar, dengan bergerak sendiri menusuk dari kiri gawang. Tapi, pergerakan cepat striker asal Korea Selatan itu masih dapat dipatahkan oleh Fadli Hariri.

Menit 16, giliran penyerang SFC lainnya, Rendi Siregar mendapat peluang emas melalui umpan silang Firman Utina. Namun, karena bola melayang terlalu cepat, Rendy pun tidak dapat langsung menyambarnya.

Satu menit kemudian, wasit Jimmy Napitupulu menunjuk titik putih karena Mahyadi Panggabean (gelandang serang SFC) dijatuhkan di kotak penalti oleh Fadli Hariri. Protes sempat dilakukan para pemain PSM karena pelanggaran itu terjadi di luar kotak penalti. Namun, wasit tetap menunjuk kota putih.

Ponaryo Astaman yang dipercaya sebagai eksekutor oleh pelatih SFC Ivan Kolev dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, meskipun bola pertama yang diarahkannya ke gawang dapat ditepis Dedeh.

Namun, karena bola “reborn” mengarah lagi ke Ponaryo, akhirnya gawang PSM Makassar dapat dicebol Ponaryo. Kedudukan berubah 1-0 untuk SFC.

SFC kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 29 melalui Park Jung Hwan yang mendapatkan umpan silang dari Mahyadi Panggabean.

Menit 35, Ponaryo Astaman ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera dan digantikan Keith Kayamba Gumbs.

Pemain PSM Mitrovic Streco diganjal wasit kartu kuning pada menit 41 karena tangannya menghantam muka Firman Utina. Keunggulan 2-0 SFC ini bertahan hingga turun minum.

PSM yang tertinggal dua gol menaikan tempo serangan di babak kedua. Menit 49, tendangan “firsh time” strker PSM Andi Odang masih dapat ditepis Fauzal Mubarak.

Kemudian, giliran Supriyono yang mendapatkan peluang menjebol gawang SFC melaui sudut kiri gawang. Tapi, bola dapat dibelokkan arahnya karena ditutup oleh tiga pemain belakang SFC.

Akhirnya, pada menit 73, setelah berupaya mengedor lini pertahanan SFC, PSM dapat memaksimalkan peluang melalui lemparan ke dalam dalam Suproyono.

Andi Odang yang tepat berada di depan mulut gawang langsung menyambar bola dan tak dapat dihalau oleh Fauzal Mubarak. Kedudukan berubah 1-2 untuk PSM Makassar.

Menit 83, Keith Kayamba Gumbs nyaris menambah keunggulan setelah berhasil melesat ke kotak penalti, tapi bola bergulir tipis di sisi kanan gawang.

Kedudukan 2-1 untuk SFC ini bertahan hingga pertandingan usai. Sementara, wasit Jimmy Napitupulu memberikan kartu kuning ke Mitrovic Streco menit 41, Ardiles Rumbiah menit 80. (ANT)

Susunan pemain:
Sriwijaya FC: 18-Fauzal Mubarok; 23-M Ridwan, 6-Claudiano Do Santos, 8-Therry Gathuessy, 22-Supardi; 24-Mahyadi Panggabean, 9-Mahardirga Lasut, 11-Ponaryo Astaman (17-Keith Kayamba Gumbs 35), 27-Rendy Siregar (19-Muhammad Rifki 84), 15-Firman Utina; 88- Park Jung Hwan (7-Ardiles Rumbiah 77)

PSM Makassar: 23-Denny Marcel; 22-Fandy Edi, 3-Fadli Hariri, 5-Goran Subhara, 21-Supriyono (19-Korinus Fingkrew 82), 20-Mitrovic Starco, 8-Basile Onambele, 4-Hendra Ridwan, 10-Marwan Sayedh (18-Jekky Pasarella 69), 78-Andi Odang, 16-Anoure Obiora Richard

%d blogger menyukai ini: