Beranda > League Inggris, Sepak Bola > Tumit Tevez Menangkan City

Tumit Tevez Menangkan City

18/10/2010

Penyerang Manchester City, Carlos Tevez, mencetak dua gol yang membuat timnya menang 3-2 atas Blackpool dalam lanjutan Premier League, Minggu (17/10/2010). Hebatnya, salah satu golnya dia buat dengan tumit dal aksi membali dengan cepat saat memotong umpan silang rekannya.

Sepasang gol yang diciptakan Tevez pada pertandingan ini sangat berkelas. Gol pertama Tevez dilesakkan menggunakan tumit usai memaksimalkan umpan David Silva. Satu gol lainnya melalui tembakan keras yang sebelumnya sempat membentur kaki lawan. Adapun, gol terakhir diciptakan Silva melalui tembakan yang cukup akurat.

Kemenangan ini membuat City semakin kokoh di peringkat kedua dengan mengoleksi 17 poin atau hanya terpaut dua angka dari Chelsea di puncak klasemen.

Pada pertandingan ini, Blackpool sangat berambisi memenangkan pertandingan karena mereka memang sedang berada dalam kepercayaan diri yang tinggi usai sukses menekuk Liverpool pekan lalu. Namun, City juga memiliki ambisi yang besar untuk bisa membawa pulang tiga angka guna mempertipis jarak mereka dengan Chelsea.

Maka, City langsung tampil menekan semenjak menit-menit awal. Pada 20 menit pertama, City setidaknya memiliki tiga peluang yang cukup baik untuk unggul. Sayang, tembakan James Milner, Adam Johson, dan sebuah tandukan Vincent Kompany masih mampu digagalkan kiper Matthew Gilks. Pada menit ke-24, gawang Gilks nyaris bergetar oleh tandukan Emmanuel Adebayor.

City tetap terus menggempur pertahan lawannya. Namun, serangan mereka selalu mentah di tengah jalan karena barisan pertahan Blackpool sangat disiplin. Pada menit ke-35, misalnya, serangan balik yang dipimpin oleh Tevez sia-sia. Penyerang Argentina itu berusaha melepaskan umpan kepada Adebayor di kotak penalti. Namun, dengan sigap barisan pertahan Blackpool menggagalkannya.

Jelang turun minum, City memiliki sebuah peluang emas melalui kemelut di depan gawang. Namun, Gilks cepat keluar dari gawangnya untuk menggagalkan peluang lawannya. Kegagalan itu membuat City hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Blackpool di babak pertama.

Di menit-menit awal babak kedua, City terlihat kesulitan mengembangkan permaianannya. Blackpool cukup tampil ngotot di babak ini. Bahkan, gawang City nyaris kebobolan pada menit ke-54. Berawal dari serangan balik, Luke Varney melepaskan umpan kepada DJ Campbell yang berdiri sendirian di kotak penalti City. Apes bagi “The Seasiders”, tembakan Campbell masih melenceng meskipun gawang City kosong.

Tak lama berselang, gawang City sempat jebol oleh tembakan Elliot Grandin. Namun, wasit Philip Dowd menganulirnya karena Gardin berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Pelatih Roberto Mancini langsung mengubah strategi timnya. Ia memasukkan David Silva untuk menggantikan Adebayor pada menit ke-65.

Keputusan Mancini itu sangat brilian. Dua menit kemudian, Silva membidani gol yang diciptakan Tevez. Berawal dari kerja sama dengan James Milner, Silva langsung melepaskan umpan mendatar ke kotak penalti. Dengan cepat, Tevez menyontek bola dengan tumitnya, sambil membalikkan badan.

Gol itu membuat “The Citizens” semakin tampil percaya diri. Gawang Gilks nyaris kembali bergetar oleh tembakan keras Milner pada menit ke-71. Untung bagi Blackpool, tembakan Milner masih membentur mistar.

Delapan menit kemudian, justru gawang City yang bergetar. Joe Hart gagal mengantisipasi tandukan keras Marlon Harewood usai memaksimalkan umpan Charlie Adam dari bola mati.

City langsung merespons gol tersebut dengan permainan cepat. Hasilnya, hanya berselang satu menit, Tevez kembali berhasil memaksa Gilks untuk kedua kalinya memungut bola di sarangnya. Gol tersebut berawal dari penetrasi yang dilakukan Milner. Namun, barisan pertahan Blackpool berhasil menggagalkan laju Milner. Bukan pelangggaran, Tevez merebut bola dan langsung melepaskan tembakan keras yang bersarang di sisi kiri gawang Blackpool, 2-1.

City semakin di atas angin setelah gol tersebut. Mereka tanpa henti mengancam gawang Gilks. Akhirnya, gawang Blackpool kembali bergetar lewat tembakan keras Silva di masa injury time.

Blackpool langsung membalasnya lewat gol yang diciptakan Gary Taylor-Fletcher. Namun, gol tersebut tak bisa menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan. Blackpool dipaksa menyerah 2-3.

Susunan Pemain
Blackpool: Matthew Gilks; Ian Evatt, Craig Cathcart, Stephen Crainey, Neil Eardley; David Vaughan, Charlie Adam, Eliot Grandin ; Luke Varney; DJ Campbell, Gary Taylor-Fletcher

Manchester City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Wayne Bridge, Jerome Boateng (Micah Richards 76); Nigel De Jong, Gareth Barry, James Milner; Emmanuel Adebayor (Silva 65); Carlos Tévez, Adam Johnson (Patrick Vieira 85)

%d blogger menyukai ini: