SEJARAH ALEXA.COM

28/10/2010

Siapa sih yang tidak kenal situs penyedia traffic monitoring alexa. Bahkan sekarang jadi kebutuhan wajib buat monitoring perkembangan blog. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama perusahaan dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria. Perusahaan ini menawarkan toolbar untuk pengguna internet kemana arah perkembangan website atau situsnya berdasarkan pola traffic  masyarakat penggunanya. Alexa juga menawarkan konteks untuk setiap situs yang dikunjungi, kepada siapa ini didaftarkan, berapa banyak halaman itu, berapa banyak situs lainnya menunjuk ke sana, dan seberapa sering itu telah diupdate. Operasional alexa meliputi pengarsipan laman web seperti yang dijelajahi. Database ini sebagai dasar untuk penciptaan Internet Archive diakses melalui Wayback Machine. Pada tahun 1998 perusahaan menyumbangkan salinan arsip, 2 terabyte dalam ukuran.

Pada tahun 1999, Alexa diakuisisi oleh Amazon.com sekitar $ 250 juta dalam saham Amazon sebagai perusahaan yang bergerak menjauh dari visi aslinya menyediakan ‘cerdas’ mesin pencari. Alexa memulai kemitraan dengan Google pada musim semi 2002, dan dengan Open Directory Project pada Januari 2003. Pada bulan Mei 2006, Amazon diganti dengan Google Live Search sebagai penyedia hasil pencarian. Pada bulan September 2006, mereka mulai menggunakan Pencarian mereka sendiri Platform untuk melayani hasil. Pada bulan Desember 2006, mereka merilis Alexa Image.

Pada bulan April 2007, gugatan Alexa vs Hornbaker dipenuhi untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh layanan statsaholic. Dalam gugatan itu, Alexa menuduh bahwa Hornbaker mencuri grafik lalu lintas untuk keuntungan, dan bahwa tujuan utama situs adalah untuk menampilkan grafik yang dihasilkan oleh server Alexa.Hornbaker dihapus.
Akurasi peringkat oleh Alexa Toolbar
Alexa peringkat situs berdasarkan informasi pelacakan pengguna yang Alexa Toolbar untuk Internet Explorer dan dari sidebars terpadu di Firefox dan Chrome.Selain itu, peringkat ini didasarkan pada data tiga bulan dan memakan waktu lama untuk mencerminkan perubahan dalam konten yang mungkin terjadi setelah domain tersebut telah dijual . Akhirnya peringkat rendah tidak dapat akurat bukan hanya karena kurangnya data tetapi juga karena hukum statistik. Hukum yang sama membuat ranking dari situs populer yang sangat akurat. Pada tanggal 16 April 2008, banyak pengguna melaporkan perubahan dramatis dalam peringkat mereka Alexa. Alexa menegaskan hal ini di kemudian hari dengan pengumuman bahwa mereka telah merilis sistem peringkat Alexa baru, mengklaim bahwa mereka sekarang mempertimbangkan sumber data akun yang lebih.
Desain dan statistik baru
Pada tanggal 31 Maret 2009, http://www.alexa.com mengalami desain ulang lengkap dengan metrik baru termasuk: Tampilan Halaman per User, Tingkat Bouncing, dan Waktu di Situs [23] Pada minggu-minggu berikutnya mereka menambahkan fitur baru termasuk Demografi, Clickstream dan Lalu Lintas Pencarian statistik. Fitur baru diperkenalkan dalam rangka bersaing dengan layanan lain seperti Compete.com dan Quantcast.
Begitulah sekelumit sejarah tentang perusahaan traffic yang sangat terkenal bahkan perkembangannya sekarang menjadi suatu kebutuhan wajib  bagi setiap blog atau website. Karena ke akuratannya dan dipercaya oleh berbagai penyedia paid reviuw, sponsor, atau penyedia iklan. Bahkan dibeberapa iklan penyedia iklan atau sponsor mengharuskan pagerank alexa yang lumayan.Umz jadi keberadaan pagerank alexa lumayan penting buat website atau blog. Namun ketika awal pagerank anda akan jutaan. Namun bersabarlah sedikit demi sedikit kalo kita rajin update dan beberapa triks peramping alexa bisa naik kok.yang penting tetap jaga blogging, sabar dan semangat. Oke semoga artikel ini menambahkan ilmu kita tentang asal mula munculnya penyedia pagerank http://www.alexa.com .

REFERENSI
http://en.wikipedia.org/wiki/Alexa_Internet
http://www.alexa.com

%d blogger menyukai ini: